Breaking News

Penyakit Karat Daun Kopi (Hemileia Vastatrix Dan Hemileia Coffeicola)

Karat Daun Pada Tanaman Kopi (Hemileia vastatrix) - Karat daun yaitu penyakit kopi yang paling hemat penting di dunia, dan nilai uang, kopi yaitu produk pertanian yang paling penting dalam perdagangan internasional. Petani kopi takluput terkena penyakit yang satu ini. Karat daun memang sudah hal biasa terjadi namun apakah karat daun bisa di cegah? Jika bisa, bagaimana cara mencegah karat daun pada tumbuhan kopi?

PATHOGEN:
Hemileia vastatrix : ketika ini ditemukan di hampir semua tempat penghasil kopi di dunia.
Hemileia coffeicola : terbatas di Afrika tengah dan barat, terutama tempat yang lebih tinggi dan lebih dingin.

HOSTS : Coffea arabica (kopi arabika) dan Coffea canephora (kopi robusta), dua spesies komersial yang paling penting, dan mungkin sebanyak 25 spesies lainnya dari Coffea. Keberadaan host alternatif telah dipostulasikan, tetapi tidak ada yang ditemukan.

Gejala dan Tanda Karat Daun
Infeksi terjadi pada daun kopi. Gejala pertama yang sanggup diamati yaitu bintik-bintik kecil berwarna kuning pucat pada permukaan atas daun. Ketika bintik-bintik ini secara sedikit demi sedikit meningkatkan diameter, massa urediniospores oranye (= uredospores) muncul di undersurfaces. Jamur sporulates melalui stomata daripada menembus epidermis menyerupai kebanyakan karat, sehingga tidak membentuk pustula khas dari banyak karat. Lesi bubuk di penggalan bawah daun sanggup berwarna oranye-kuning ke merah-oranye, dan ada variasi yang cukup besar dari satu tempat ke tempat lain.

Sementara lesi sanggup berkembang di mana saja pada daun, mereka cenderung terkonsentrasi di sekitar tepi, di mana tetesan embun dan hujan mengumpulkan. Pusat-pusat bintik-bintik akhirnya kering dan berubah coklat, sementara margin lesi terus berkembang dan menghasilkan urediniospora. Pada awal musim, lesi pertama biasanya muncul di daun paling bawah, dan abses perlahan berkembang ke atas di pohon. Daun yang terinfeksi jatuh sebelum waktunya, meninggalkan bentangan panjang ranting tanpa daun

Biologi Patogen
"Penyakit daun kopi" pertama kali dilaporkan oleh penjelajah Inggris pada spesies liar Coffea di wilayah Danau Victoria di Afrika Timur pada tahun 1861. Pada tahun 1869, Pendeta HJ Berkeley dan asistennya, Mr. Broome, melaporkan dalam Kronik Tukang Kebun, dijelaskan jamur yang mereka temukan terkait dengan penyakit pada beberapa daun kopi kering yang dikirim dari Ceylon (sekarang Sri Lanka). Mereka memberi nama Hemileia vastatrix ke jamur yang menghancurkan dengan spora setengah halus. Urediniospores jamur karat lainnya biasanya berbentuk bundar ke oval, bukan berbentuk ginjal, dan mempunyai duri halus di seluruh permukaannya. Itu termasuk kelas Basidiomycetes, ordo Uredinales, dan keluarga Pucciniaceae.

Hemileia vastatrix ada terutama sebagai dikaryotik (memiliki pasangan inti haploid yang membelah bersama-sama), miselium penyerap nutrisi yang bercabang antar sel dalam daun dari inang kopinya. Cluster dari pedisels pendek yang dikoreotik urediniospores menonjol melalui stomata di penggalan bawah daun. Kadang-kadang di bawah kondisi sejuk dan kering menjelang selesai musim, teliospora diproduksi di antara urediniospora pada daun yang lebih bau tanah dan menempel. Setelah kariogami dan meiosis, teliospores berkecambah untuk menghasilkan basidia, masing-masing membentuk empat basidiospora haploid.

Penyakit Karat Daun Kopi
Para basidiospora akan berkecambah secara in vitro, tetapi tidak diketahui tumbuhan apa, bila ada, mereka sanggup menginfeksi. Jelas bahwa mereka tidak menginfeksi kopi. Tidak diketahui apakah basidospora berfungsi atau hanya sisa-sisa dari jamur karat yang berumur panjang (hingga lima tahap spora). Tidak diharapkan host alternatif; H. vastatrix sanggup bertahan hidup dan berkembang biak dengan cukup baik oleh urediniospora saja.

Seringkali jamur hiperparasit, Verticillium hemileiae, akan menjajah lesi karat kopi. Hiperparasit yaitu benalu yang benalu parasit lainnya dan adakala dipakai sebagai biro kontrol biologis. Dengan kopi berkarat, hiperparasitisme ini mengurangi viabilitas urediniospora, tetapi mempunyai dampak yang sangat kecil terhadap perkembangan karat keseluruhan.

Siklus Penyakit dan Epidemiologi
Siklus penyakit yaitu penyakit yang sederhana. Urediniospores memulai abses yang berubah menjadi lesi yang menghasilkan lebih banyak urediniospora.

Bertahan hidup
Hemileia vastatrix bertahan terutama sebagai miselium di jaringan hidup inang, dan lantaran daun yang terinfeksi menurun secara prematur, ini secara efektif menghilangkan sejumlah besar potensi inokulum dari epidemi. Tetapi beberapa daun hijau selalu bertahan selama trend kemarau, dan urediniospor kering sanggup bertahan hidup sekitar 6 minggu, sehingga selalu ada beberapa inokulum yang layak untuk menginfeksi daun yang gres terbentuk pada awal trend hujan berikutnya.

Pembubaran spora
Para urediniospores sanggup dibubarkan oleh angin dan hujan. Dengan mengamati contoh abses pada daun individu dan di antara daun di kanopi, terang bahwa percikan hujan merupakan sarana penting penyebaran lokal. Pola abses pada skala regional, terutama di daerah-daerah di mana jamur gres diperkenalkan, telah menunjukkan bahwa penyebaran jangka panjang terutama oleh angin. Jumlah penyebaran urediniospore yang kecil, mungkin epidemiologikal tidak signifikan yaitu dengan thrips, lalat, tawon, dan serangga lainnya. Gerakan melintasi lautan, gurun, dan pegunungan sangat mungkin disebabkan oleh campur tangan manusia.

Infeksi
Urediniospora berkecambah hanya dengan adanya air bebas (hujan atau embun berat); Kelembaban tinggi saja tidak cukup. Seluruh proses abses membutuhkan sekitar 24 hingga 48 jam kelembaban bebas yang terus menerus, jadi ketika embun berat cukup untuk merangsang perkecambahan urediniospore, abses biasanya hanya terjadi selama trend hujan. Variasi musiman dalam bencana penyakit terutama disebabkan oleh variasi curah hujan. Di mana ada dua trend hujan per tahun, ada dua puncak dalam tingkat keparahan kopi. Infeksi terjadi pada aneka macam suhu (minimal 15 ° C / 59 ° F, optimum 22 ° C / 72 ° F, dan maksimum 28 ° C / 82 ° F). Infeksi hanya terjadi melalui stomata di penggalan bawah daun.

Sporulasi
Dibutuhkan 10-14 hari dari abses untuk uredinia gres untuk berkembang dan urediniospora yang akan terbentuk. Lesi karat terus membesar selama 2 hingga 3 minggu. Lesi tunggal akan menghasilkan empat hingga enam tumbuhan spora, melepaskan sekitar 300.000 urediniospora selama periode 3 hingga 5 bulan. Siklus sekunder abses terjadi terus menerus selama cuaca yang menguntungkan, dan potensi epidemi eksplosif sangat besar.

Manajemen Penyakit
Karantina
Selama lebih dari satu abad, langkah-langkah karantina yang ketat membuat kopi berkarat dari invasi Amerika. Beberapa andal patologi tumbuhan telah berspekulasi bahwa urediniospora menyebar dari Afrika ke Brasil pada angin, tetapi jauh lebih mungkin bahwa karat itu dilakukan pada bibit kopi atau mungkin bahwa urediniospores menempel ke permukaan tumbuhan lain yang diimpor ke area penanaman kopi.

Setelah penghalang lautan telah dilanggar, penyebaran angin ikut bermain. Setelah pengenalan awal ke Brasil pada tahun 1970, sebuah "zona aman" sepanjang 80 km (50 mil) didirikan dengan memberantas kopi di zona tersebut, tetapi dalam waktu 18 bulan, kopi berkarat telah melompati celah ke arah angin yang berlaku.

Di Amerika Tengah, abses gres diberantas dengan membunuh tumbuhan kopi yang terinfeksi ditambah tumbuhan tanpa tanda-tanda dalam radius 30 meter (yard) dengan menyemprot mereka dengan herbisida dicampur dengan materi bakar diesel. Awalnya upaya pemberantasan sepertinya efektif, tetapi akhirnya, sekali lagi mungkin lantaran penyebaran angin, karat kopi menjadi terlalu mapan. Sekarang ada sangat sedikit tempat penghasil kopi di dunia di mana kopi berkarat belum diserang.

Manajemen budaya
Karat kopi harus dikelola sebagai epidemi berkelanjutan pada tumbuhan tahunan, dan lantaran itu, setiap faktor yang sanggup mengurangi sporulasi, penyebaran spora, atau infeksi, bahkan dalam jumlah kecil, sanggup mengurangi epidemi. Manajemen budaya yang baik yaitu yang terpenting, tetapi tidak ada hukum sederhana untuk diikuti. Varietas yang tumbuh, abjad tanah, jumlah dan distribusi curah hujan, dan banyak faktor lainnya semua berinteraksi untuk memilih apa yang diperlukan.

Salah satu keputusan administrasi budaya kunci yaitu apakah menghasilkan kopi di bawah sinar matahari penuh atau dengan tingkat naungan tertentu. Ini sering lebih merupakan keputusan sosiopolitik daripada keputusan agronomi. Beberapa orang menyampaikan bahwa karat lebih gampang untuk dikendalikan pada tumbuhan dengan jarak yang sempurna di bawah sinar matahari penuh, lantaran mereka lebih cepat kering dan, lantaran itu, mempunyai periode berair daun yang lebih pendek. (Mereka juga lebih gampang disemprot dengan fungisida.)

Yang lain beropini bahwa kopi yang ditumbuhi sedikit mempunyai karat yang lebih sedikit lantaran kanopi pohon rindang yang tertutup mencegah pembentukan embun pada daun kopi dan oleh lantaran itu mengurangi infeksi. Namun, embun biasanya tidak cukup usang untuk mendukung infeksi. Kemungkinan besar naungan mengurangi kerentanan tumbuhan terhadap karat lantaran hasil berkurang; produksi tumbuhan yang berat menghabiskan habis nutrisi dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Secara umum, kopi yang tumbuh di matahari diproduksi di pertanian besar dengan modal besar yang bisa mengendalikan karat dengan fungisida, biaya yang diimbangi oleh hasil yang lebih tinggi. Produsen kecil "berteknologi rendah" cenderung menyukai kopi naungan, yang, meskipun hasil panennya lebih rendah, membutuhkan lebih sedikit input eksternal dalam bentuk pestisida dan pupuk. Mereka sering menanam aneka macam jenis naungan yang menyediakan buah, kayu bakar, dan kayu untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Beberapa pohon peneduh mempunyai pemfiksasi nitrogen yang mengurangi kebutuhan akan pupuk nitrogen yang diaplikasikan. Kanopi multi-lapis memotong dan memperlambat hujan yang turun, mengurangi limpasan dan pengikisan tanah akibatnya. Keragaman struktural menyediakan habitat yang diperbaiki untuk burung, mamalia, reptil, serangga, dan banyak spesies lainnya, dan pinjaman ini tersebar di sepanjang rute migrasi burung migran mempunyai dampak lingkungan yang jauh melampaui peternakan kopi itu sendiri.

Karena kerentanan tumbuhan sangat dipengaruhi oleh status nutrisinya, berkurangnya unsur hara oleh hasil yang tinggi pada trend tertentu sanggup meningkatkan tingkat keparahan karat tidak hanya di trend itu tetapi di tahun-tahun berikutnya juga, kecuali adaptasi yang sempurna dalam nutrisi yaitu terbuat. Pemupukan dengan nitrogen (N) dan fosfor (P) cenderung mengurangi kerentanan terhadap karat, tetapi potasium yang berlebihan (K) meningkatkan kerentanan. Secara umum, penerapan mikronutrien mengurangi kerentanan. Karena efeknya sanggup dirasakan selama beberapa musim, adaptasi semacam itu harus dilakukan dengan hati-hati.

Pemangkasan dan pembinaan tumbuhan kopi yang sempurna membantu mencegah overcropping dan mempertahankan kekuatan tanaman, sehingga mengurangi kerentanannya terhadap karat. Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi udara untuk mempercepat pengeringan dedaunan, dan memfasilitasi penyemprotan dengan membuka kanopi. Jarak baris yang lebih lebar untuk mengurangi kepadatan tanam juga meningkatkan sirkulasi udara dan cakupan semprotan.

Kopi sangat sensitif terhadap persaingan gulma, jadi pengendalian gulma yang baik penting dalam mempertahankan kekuatan tumbuhan dan dengan demikian mengurangi kerentanan terhadap karat. Kontrol gulma yang baik juga membantu memfasilitasi sirkulasi udara dan pengeringan cepat kanopi.

Fungisida
Pada varietas yang rentan dan di lingkungan yang menguntungkan untuk jamur, fungisida yaitu alat penting dalam pengelolaan epidemi karat kopi. Dalam memutuskan kapan dan apa yang disemprotkan, setiap aplikasi fungisida yang diberikan harus dianggap sebagai investasi jangka panjang, dengan imbas tidak hanya pada trend ketika ini tetapi di musim-musim mendatang juga. Menjaga tingkat inokulum rendah menjelang selesai satu trend hujan akan berdampak besar pada mengurangi tingkat abses pada awal trend hujan berikutnya. Mencegah defoliasi trend ini akan mencegah kehilangan hasil trend depan dan mempertahankan kekuatan tumbuhan di masa depan.

Fungisida yang mengandung tembaga sangat efektif dalam mengendalikan kerak kopi, dan tembaga mempunyai "efek tonik" pada tumbuhan kopi, yaitu, ia meningkatkan hasil independen dari efeknya dalam pengendalian karat. Salah satu kelemahan memakai fungisida yang mengandung tembaga yaitu bahwa mereka harus hadir pada daun sebelum abses terjadi.

Kerugian lain, selain dari biaya, yaitu bahwa tembaga terakumulasi di tanah, khususnya dalam materi organik, dan sanggup mencapai tingkat racun bagi tumbuhan dan organisme lain di lingkungan. Untuk mengurangi jumlah tembaga yang digunakan, fungisida yang mengandung tembaga sanggup diselingi dengan fungisida organik sistemik, atau satu atau dua semprotan tembaga sanggup diterapkan di awal musim, diikuti oleh satu atau adakala dua semprotan sistemik di kemudian trend untuk menangkap membuatkan lesi karat.

Fungisida hidrokarbamat (organik, protektif) efektif untuk mengendalikan karat kopi dan adakala juga mempunyai imbas tonik, tetapi residu mereka tidak menempel sama baiknya dengan fungisida pelindung yang mengandung tembaga atau fungisida sistemik di bawah hujan lebat. dari banyak tempat penghasil kopi.

Waktu aplikasi dan cakupannya penting. Sebagai hukum umum, interval antara semprotan harus kurang dari 21 hari untuk memastikan biar pertumbuhan gres tertutup. Model asumsi ada untuk waktu aplikasi fungisida sesuai dengan suhu dan curah hujan. Karena abses terjadi di penggalan bawah daun, semprotan harus diarahkan ke atas untuk menutupi permukaan daun penggalan bawah.

Kultivar tahan
Pada ketika pertama kali kerak kopi muncul di Brasil, hampir semua kopi di Amerika, dan bahkan hampir semua kopi dalam produksi komersial, sanggup melacak garis keturunannya ke satu pohon yang ditanam di konservatori Raja Louis XIV pada tahun 1713. Hasilnya keseragaman genetik dari produksi kopi komersil berpose (dan terus menimbulkan) potensi risiko yang sangat besar dari epidemi yang menghancurkan.

Keberadaan ketahanan terhadap karat kopi di spesies Coffea liar telah dikenal selama beberapa waktu. Sejauh ini, sembilan gen untuk resistensi telah diidentifikasi, sebagian besar berasal dari C. canephora dan C. liberica. Satu tantangan bagi peternak yaitu menggabungkan ketahanan karat dengan karakteristik agronomi yang baik dan kopi berkualitas baik.

Tantangan berikutnya yaitu mengerahkan gen resistensi ini sedemikian rupa sehingga mereka tidak segera diatasi oleh ras H. vastatrix baru. Sejauh ini, lebih dari 40 ras H. vastatrix telah diidentifikasi, dengan beberapa yang gres bisa menyerang bibit unggul yang sebelumnya resisten. Ras karat gres terus bermunculan. Untuk mengurangi tingkat pemilihan ras virulen, peternak Cenicafé, pusat penelitian kopi nasional di Kolombia, telah membuat kultivar komposit dengan karakteristik agronomis seragam dan kualitas kopi, tetapi dengan adonan gen untuk ketahanan karat.

Salah satu perkembangan yang menyedihkan dalam pemuliaan kopi yaitu hilangnya keanekaragaman genetik secara dramatis di antara spesies-spesies Coffea liar. Keragaman genetik kopi sangat sedikit di luar hutan tropis di Ethiopia barat daya, tempat Coffea berevolusi. Karena penebangan, panen kayu bakar, dan penanaman yang diperluas yang didorong oleh populasi insan yang terus bertambah, hutan-hutan ini telah berkurang menjadi kurang dari sepersepuluh ukuran aslinya. Institut Keanekaragaman Hayati Konservasi dan Penelitian Ethiopia sedang berjuang untuk mempertahankan apa yang tersisa, dan pemerintah Ethiopia telah melarang ekspor tumbuhan kopi dan biji kopi dari negara tersebut.

Makna
Kerugian
Kerak kopi mengakibatkan defoliasi prematur, yang mengurangi kapasitas fotosintesis dan melemahkan pohon. Karena buah trend depan ditanggung pada tunas trend ini, karat trend ini mengurangi hasil trend berikutnya. Tergantung pada cuaca di trend ketika ini dan hasil dan tingkat abses trend sebelumnya, hasil sanggup bervariasi sebanyak 10 kali lipat dari satu trend ke trend berikutnya. Infeksi berat sanggup mengakibatkan dieback ranting dan bahkan sanggup membunuh pohon.

Dampak ekonomi
Kopi berkarat yaitu penyakit kopi yang paling hemat penting di dunia, dan dalam nilai uang, kopi yaitu produk pertanian yang paling penting dalam perdagangan internasional. Bahkan pengurangan kecil dalam hasil kopi atau sedikit peningkatan biaya produksi yang disebabkan oleh karat mempunyai dampak besar pada produsen kopi, layanan pendukung, dan bahkan sistem perbankan di negara-negara yang ekonominya benar-benar bergantung pada ekspor kopi.

Sejarah
Kopi berasal dari flora bawah di hutan di pegunungan Ethiopia. Penggunaan awalnya yaitu sebagai makanan, dalam camilan manis yang ditekan, sering dibawa ke karavan unta oleh pedagang Afrika Utara. Penggunaan pertamanya sebagai minuman mungkin untuk tujuan pengobatan dan ritual keagamaan, tetapi kualitasnya yang menyegarkan dan menyegarkan membuatnya populer. Kedai kopi umum di seluruh Mesir, Arab, dan Turki pada awal 1500-an, dan wisatawan Eropa membuatkan rasa untuk minuman eksotis ini. Belanda melihat potensi bisnis dalam kopi dan mulai menanam kopi di koloni mereka di Ceylon, Sumatra, dan Jawa. "Java" tetap istilah slang untuk kopi di banyak tempat.

Pada awal masa ketujuh belas, kedai kopi bermunculan di semua kota besar di Eropa, dengan Belanda sebagai pemasok utama kopi. Selera yang dimulai dengan kaum darah biru dan orang kaya segera menarik rakyat biasa juga. Kedai kopi menjadi tempat di mana kaum intelektual berkumpul untuk membahas filsafat, agama, dan politik. Penguasa sepanjang sejarah merasa terancam oleh aliran bebas ini dan telah pindah untuk membatasi kedai kopi. Kopi telah mengambil kepentingan politik dan sosial jauh di luar hanya minuman panas lain.

Pada ketika Belanda menyerahkannya kepada Inggris pada masa kesembilan belas, Ceylon telah berubah menjadi wilayah penghasil kopi terbesar di dunia. Inggris memperluas perkebunan lebih jauh lagi, melucuti pulau hutannya untuk menanam kopi di setiap are yang tersedia. Pada 1870-an, perkebunan Ceylon mengekspor hampir 100 juta pon kopi per tahun, sebagian besar ke Inggris.

Petani kopi di Ceylon melaporkan munculnya "penyakit daun kopi" pada tahun 1867, kemudian ditentukan oleh Berkeley untuk disebabkan oleh jamur karat. Nama "vastatrix" yang diberikan Berkeley kepada spesies menggambarkan kehancuran yang ia antisipasi dari laporan penyakit awal. Bagaimana jamur itu berjalan dari Ethiopia asalnya ke Ceylon tetap menjadi misteri. Pada awalnya, barangkali, para penanam kopi berharap tumbuhan itu akan menghilang secepat yang muncul, tetapi pada tahun 1879, sudah terang bahwa itu tidak akan hilang, dan seluruh negeri putus asa. Pemerintah Ceylon mengajukan banding untuk mengirim seseorang untuk menilik penyakit dan tiba dengan obat.

Seorang andal botani muda, Harry Marshall Ward, yang telah mempelajari karya Anton de Bary perihal jamur, memulai kiprah pertamanya. Pengamatan dan rekomendasinya secara mendasar penting bagi ilmu patologi tumbuhan pada bayi yang gres lahir. Ward menunjukkan risiko penanaman kopi yang begitu luas tanpa manfaat dari penahan angin untuk mengurangi penyebaran spora karat. Beberapa tahun sebelum Millardet dan campurannya di Bordeaux, Ward mengusulkan penggunaan fungisida pelindung (kapur belerang) untuk mencegah infeksi.

Kekuatan dan produktivitas perkebunan kopi menurun hingga pada titik di mana mereka tidak lagi layak secara ekonomi. Ward sudah tiba terlambat untuk menyelamatkan kopi, dan peringatannya perihal ancaman monokultur tidak diperhatikan. Setelah periode pergolakan ekonomi dan sosial yang parah, pekebun Inggris bergeser ke penanaman teh secara luas lantaran mereka mempunyai kopi, dan peminum kopi Inggris mulai minum teh. Dalam beberapa tahun, kopi berkarat telah menyebar ke India, Sumatra, dan Jawa, dan pusat produksi kopi bergeser ke Amerika, di mana karat belum muncul. Brasil segera menjadi pemasok utama kopi dunia.

Berkat karantina yang waspada, Amerika tetap bebas dari karat kopi hingga tahun 1970, ketika ditemukan di negara penggalan Bahia, Brasil. Karena hampir semua kopi Amerika telah turun dari satu tumbuhan yang rentan karat, jamur, terbang di atas angin, melaju melalui daerah-daerah penghasil kopi di Amerika Selatan dan Amerika Tengah dalam waktu kurang dari satu dekade. H. vastatrix kini ditemukan di hampir semua tempat penghasil kopi di dunia, dengan pengecualian Hawaii.

Selected References
Ferreira, S.A. and R.A. Boley. 1991. Hemileia vastatrix. http://www.extento.hawaii .edu/kbase/crop/Type/h_vasta.htm

Fulton, R.H. 1984. Coffee Rust in the Americas. Symposium Book No. 2. American Phytopathological Society, St. Paul, MN.

Large, E.C. 1940. Advance of the Fungi. Jonathan Cape, London.

Schieber, E. 1972. Economic impact of coffee rust in Latin America. Annu. Rev. Phytopathol. 10:491-510.

Schieber, E. and G.A. Zentmyer. 1984. Coffee rust in the Western Hemisphere. Plant Dis. 68:89-93.

Thurston, H.D. 1998. Tropical Plant Diseases. American Phytopathological Society, St. Paul, MN.

Wellman, F.L. 1961. Coffee: Botany, Cultivation, and Utilization. Leonard Hill Books, Ltd., London.

Kami ingin mendengarkan masukan dan pengalaman dari anda, silahkan isi kolom komentar, jangan lupa share bila artikel ini sangat bermanfaat.
Powered by Blogger.