Breaking News

Kopi Ijen Raung Bondowoso Kategori Kopi Spesial

Warga Bondowoso, terutama pecinta kopi sejati harus besar hati mempunyai kopi yang nikmat. Di pasar domestik atau internasional kopi dari Bondowoso telah diakui kualitasnya sangat tinggi. Berdasarkan data yang ada, petani kopi Arabika Jawa Ijen - Raung telah mengajukan permohonan Perlindungan Indikasi Geografis kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada bulan November 2012. 

Perlindungan sperti ini sangat penting bagi orang-orang yang berada di tempat pegunungan Ijen-Raung alasannya selain meningkatkan hidup dan melestarikan Indikasi Geografis Kopi Jawa.

Khas Java Coffee
Beberapa penelitian telah dilakukan di tempat yang terletak di garis lintang antara 07 ° 56.130 '- 08 ° 01.527' LS, garis busur antara 114 ° 02,121'- 114 ° 09,335 'BT, telah digambarkan sebagai tempat dataran tinggi dengan variasi topografi antara datar, bergelombang dan berbukit. Ada 5-6 bulan kering di bulan Mei-September. Jenis jenis tanahnya ialah Andisol dengan kesuburan fisik dan kimia sangat tinggi.

Tanaman yang ditanam di bawah naungan mempunyai kecenderungan untuk terdekomposisi dengan rasio C / N kurang dari 15 dan pH tanah antara 5,8-6,35 sehingga optimal untuk pertumbuhan tumbuhan kopi. Dataran gunung Ijen-Raung yang terletak pada ketinggian antara 900 - 1.500 m d.p.l dengan suhu rata-rata 15-25 ° C sangat cocok untuk penanaman kopi Java Ijen-Raung Arabika.


Komunitas pegunungan Ijen-Raung sangat prihatin dengan metode pengolahan kopi dari hulu ke hilir. Skor tes cup sangrai rata-rata berkisar antara 80,27 hingga 84,88 dan dikelompokkan kopi dari pegunungan Ijen-Raung ke dalam kisaran kopi Istimewa sesuai dengan standar Specialty Coffee Association of America dengan rasa cantik (sweetnes) dan pedas yang sangat kuat

Peran Masyarakat Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (PMPIG)
Jika kita melihat keunikan kedua wilayah pegunungan Ijen dan Raung, cita rasa khas produk yang dihasilkan dan kepedulian masyarakat terhadap kualitas kopi yang dihasilkan, komunitas kopi di dataran tinggi pegunungan Ijen dan Raung telah mendirikan secara demokratis.

Organisasi non-pemerintah yang disebut "Perlindungan Indikasi Induk Masyarakat Masyarakat (PMPIG) Kopi Ijen-Raung Arabika" dan Kopi PMPIG Arabika Ijen-Raung telah mengusulkan registrasi HKI Kopi Arabika dari tempat pegunungan Ijen-Raung ke Direktorat Jenderal HKI, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Indikasi Geografis "Kopi Arabika Jawa Ijen-Raung". Produk yang diminta untuk pertolongan Indikasi Geografis ialah kopi HS kering, biji kopi, kopi sangrai, dan kopi bubuk. Untuk menjaga reputasi baik di pasar domestik dan pasar internasional, PMPIG telah bertekad untuk menjaga kualitas prima Kopi Jawa Ijen-Raung Arabika sesuai dengan apa yang tercantum dalam Kitab Persyaratan pengajuan Indikasi-geografis

Jika anda ingin memberi masukan, silahkan kunjungi FANSPAGE kami, jangan lupa like dan share.
Powered by Blogger.