Breaking News

Kopi Jos, Kopi Khas Dari Indonesia


Salah satu minuman yang banyak disukai adalah kopi. Indonesia yang kaya akan ragam makanan juga punya aneka macam macam kopi yang khas dan nikmat. Kalau kau mengaku sebagai pecinta kopi Indonesia, niscaya sudah tahu atau mungkin pernah mencoba Kopi Jos. Kopi ini sudah populer semenjak tahun 1960-an.

Sekarang ini banyak teknik menyajian kopi, baik secara manual maupun yang memakai mesin esspresso. Seperti dilansir dari Good News From Indonesia, Kopi Jos disajikan dengan teknik tubruk, yaitu dengan eksklusif menyiramkan air panas kedalam gelas yang berisi debu kopi dengan suplemen gula atau susu.

Menyeduh kopi dengan cara ini akan menghasilkan rasa kopi yang lebih besar lengan berkuasa dan aroma yang semerbak. Namun, bab unik dari kopi jos ialah prosesnya, dikala kopi sabung sudah siap, lalu arang yang masih membara dimasukan ke dalam gelas. Saat proses ini dilakukan, akan menghasilkan bunyi mendesis dari bara api dikala terkena air yang terdengar “Joss”. Proses unik itulah yang membuatnya disebut dengan nama Kopi Jos.

Kopi ini dikenal oleh penikmat kopi dari dalam maupun luar negeri saja. Para wisatawan abnormal mengenalnya dengan sebutan charcoal coffee. Kopi jos memang Istimewa alasannya ialah selain penyajian yang unik, memiliki cita rasa yang khas.  Rahasia kenikmatan kopi jos berasal semenjak dari pemilihan biji kopinya. Biji kopi didatangkan dari kawasan Klaten yang pengolahannya dilakukan secara tradisional.

Selain itu, arang yang dipakai untuk kopi jos bukanlah dari kayu sembarangan, melainkan kayu sambi yang berasal dari pulau Kalimantan. Kayu sambi yang sudah diproses menjadi arang lalu dibakar dengan suhu mencapai 250’C. Dengan suhu setinggi itu, arang akan berkembang menjadi karbon aktif yang diyakini dapat mengikat polutan dan racun yang ada di dalam tubuh.

Untuk menikmati kopi jos yang otentik kita dapat mampir ke kota Yogyakarta. Di kawasan sekitar stasiun Tugu, kita akan dengan gampang menemukan kedai yang menyajikan kopi ini. Sebut saja kedai kopi jos Lik Man dan Pak Agus yang jadi favorit para wisatawan.

Kedai kopi jos biasanya dilengkapi dengan kudapan yang beragam, mulai dari jajanan pasar dan gorengan hingga nasi kucing khas angkringan yang menciptakan pengunjung betah beralama-lama. Kenikmatan secangkir kopi jos menyempurnakan suasana kota Yogyakarta yang hangat di malam hari. Slurupp..



bintang.com


Powered by Blogger.