Breaking News

Belajar Roasting Kopi

Belajar Roasting Kopi - Salah satu cara terbaik yang bisa Anda harapkan untuk menikmati kopi yaitu dengan memanggangnya sendiri. Ketika Anda memanggang kopi di rumah, Anda menjamin bahwa setiap cangkir kopi yang Anda hasilkan akan segar dan, dengan sedikit latihan, Anda sanggup memastikan bahwa kopi tersebut dipanggang tepat sesuai selera Anda.

Meskipun Anda selalu sanggup pergi ke kedai kopi atau pemanggang kopi lokal Anda dan menemukan kopi jenis ini, mengapa tidak memanggangnya sendiri sehingga Anda sanggup mulai menciptakan cangkir kopi yang luar biasa mulai dari selesai di rumah Anda sendiri?

Untuk memanggang kopi di rumah, Anda akan membutuhkan beberapa persediaan dan sumber biji kopi hijau. Penting juga untuk memahami proses dari awal hingga selesai sehingga Anda sanggup lebih memahami bagaimana memanggang Anda sanggup memengaruhi rasa kopi Anda.

Apa Itu Kopi dan Mengapa Kita Memanggangnya?
Kopi bekerjsama yaitu buah merah kecil yang harus melalui banyak sekali tahapan sebelum mencapai cangkir Anda setiap pagi.

Pertama, kopi diproses untuk menghilangkan kulit luar, pulpa, dan kulit perkamen cuilan dalam. Setelah selesai, biji cuilan dalam, atau dikenal sebagai biji kopi, dikeringkan. Saat dikeringkan, itu menjadi biji kopi hijau yang dikirim ke seluruh dunia untuk dipanggang.

Biji kopi menyerupai Biji pinto kering, artinya sanggup disimpan untuk waktu yang usang dan masih segar sesudah melewati proses pemanggangan. Jika Anda tidak memanggang kopi, minuman itu akan pahit dan sangat asam, sehingga intinya tidak sanggup diminum. Memanggang memberi kopi rasa dan aroma yang unik.

Apa Yang Terjadi Selama Proses Pemanggangan Kopi?
Kopi hijau berubah secara drastis selama proses pemanggangan. Saat Anda memanggang kopi, uap air dipaksa keluar dari Biji, menyebabkannya mengering dan mengembang.

Selama proses tersebut, beberapa gula alami diubah menjadi gas CO2 sementara yang lain dikaramelasikan menjadi beberapa rasa yang membantu membentuk rasa kompleks dalam kopi. Ketika proses selesai, Biji hijau akan bermetamorfosis Biji coklat yang sekitar 18% lebih ringan sementara menjadi 50 hingga 100% lebih besar.

Segera sesudah proses pemanggangan selesai, kopi mulai “degas” dan hanya dalam satu atau dua minggu, kopi yang dipanggang akan mulai kehilangan rasa dan aroma.

Credit : Shutterstock
10 Tahapan Memanggang Kopi
Pro roaster telah mengidentifikasi sepuluh tingkat panggang yang bisa dilalui oleh Biji (tetapi tidak harus demikian). Level mana yang Anda capai akan terserah Anda:
  1. Hijau: Biji-Bijian akan mempertahankan esensi hijau perawan mereka, bahkan ketika mereka mulai panas.
  2. Kuning: Warnanya akan menjadi kekuningan, dan buncisnya akan mengeluarkan amis yang berumput.
  3. Uap: Uap akan naik dari Biji. Ini yaitu air di dalam biji yang menguap.
  4. Retak Pertama: Di sinilah pemanggangan sesungguhnya dimulai. Gula di dalam Biji karamel, dan bunyi retak terdengar, menyerupai bunyi popcorn.
  5. City Roast: Setelah retakan pertama, Biji telah mencapai City Roast, tingkat minimum roast yang sanggup diterima untuk menggiling dan menyeduh.
  6. City Plus Roast: Dengan karamelisasi lebih lanjut dari gula dan migrasi minyak, Biji membengkak dalam ukuran dan mencapai City Plus Roast. Ini yaitu tingkat panggang yang terkenal dan umum untuk digunakan.
  7. Full City Roast: Melampaui batas City Plus yaitu Full City, sebuah panggang yang bahkan lebih gelap yang membawa Biji ke ambang retak kedua.
  8. Crack Kedua (Full City Plus Roast): Biji mengalami cracking kedua yang lebih keras dan memasuki Full City Plus. Panggang ini akan mengungkapkan lebih banyak lapisan intensitas rasa.
  9. Dark Roast (French Roast): Asap akan menjadi menyengat, gula akan memperabukan sebanyak yang mereka bisa tanpa merusak rasanya, dan struktur Biji secara keseluruhan akan rusak. Ini yaitu batas maksimal pemanggangan dalam batas rasa yang enak.
  10. Bakar: Jika Anda tidak berhenti memanggang pada titik ini, baunya akan berubah dari tajam menjadi mengerikan, dan Biji akan terbakar.
Mendinginkan Biji dan Melepaskan Sekam
Selama proses pemanggangan, biji kopi akan meluruhkan kulit luarnya, meninggalkan kulit yang dikenal sebagai sekam.

Untuk menghapus sekam, ambil 2 saringan dan buang Biji panas ke saringan segera sesudah Anda selesai memanggang. Lanjutkan membuang Biji bolak-balik di antara dua saringan beberapa kali untuk menghilangkan sekam. Jika Anda tidak mengerti semuanya, jangan khawatir.

Rasa kopi Anda tidak akan terpengaruh oleh sekam selama hanya sedikit yang tertinggal.

3 Hal yang Anda Butuhkan untuk Memanggang Kopi Sendiri di Rumah
Anda akan membutuhkan beberapa persediaan untuk membantu Anda melaksanakan panggang dengan benar:
  • Green Coffee - Tergantung di mana Anda tinggal, ini bisa menjadi cuilan paling sulit dari proses pemanggangan Anda. Periksa dengan kedai kopi lokal Anda atau lihat apakah ada pemanggang di tempat Anda yang menjual biji kopi yang tidak dipanggang.
  • Roaster - Ada banyak jenis roaster di luar sana dan bahkan pembuat popcorn sederhana sanggup melaksanakan pekerjaan itu. Di bawah ini kami akan menyoroti beberapa metode dan jenis roaster apa yang harus Anda gunakan.
  • Penyimpanan - Setelah Anda memanggang kopi Anda, Anda akan membutuhkan tempat untuk menyimpannya hingga Anda menggunakannya. Ingat, semakin ketat udara semakin baik. Tetapi bahkan wadah terbaik pun tidak akan menghentikan kopi dari kehilangan rasa dan aromanya sesudah sekitar satu ahad kalau tidak digunakan.
Sekarang Anda mempunyai semua yang Anda butuhkan untuk dipanggang, kini saatnya untuk memulai. Perlu diingat bahwa supaya proses pemanggangan berhasil, biji harus dipanaskan hingga suhu antara 370 derajat F hingga 540 derajat F.

Saat Anda memanggang, pastikan buncis tetap bergerak sehingga tidak ada yang hangus. Anda juga harus menyadari bahwa proses pemanggangan menghasilkan sedikit asap, jadi pastikan area yang Anda bakar berventilasi baik atau rumah Anda akan cepat menjadi sangat berasap.

Cara Memanggang Kopi Dengan Mesin Pemanggangan
Hari ini Anda sanggup membeli beberapa jenis mesin pemanggangan yang akan menangani proses pemanggangan kopi untuk Anda. Mesin-mesin ini beroperasi menyerupai popcorn popper dengan memakai udara panas yang bergerak cepat untuk memanggang Biji dan membuatnya gelisah ketika dipanggang.

Sejauh ini, ini yaitu metode termudah dari semuanya alasannya yaitu roaster menangani sebagian besar pengangkatan berat untuk Anda.

Tempatkan jumlah kopi yang tepat di dalam roaster. Periksa manual Anda untuk memilih jumlah yang benar.
  • Tutup roaster dan nyalakan.
  • Biarkan kopi dipanggang hingga warna yang diinginkan tercapai. Ingat, semakin usang Anda memanggang kopi, semakin gelap dan berpengaruh kopi itu.
  • Tuang kopi ke saringan dan aduk hingga hangat.
  • Simpan kopi di lokasi suhu kamar jauh dari matahari.
Cara Memanggang Biji Kopi Dengan Pembuat Popcorn Kompor Top
Sebelum inovasi modern pemanggang kopi dan popcorn popop, orang menciptakan alasannya yaitu memanggangnya di atas kompor. Anda membutuhkan roaster kompor, yang intinya yaitu pot dengan epilog yang gampang diaduk.

Apa yang Anda butuhkan:
  • Kompor Pop Whirley Pop Popcorn
  • Pembakar luar ruang (gas atau listrik)
  • Biji kopi yang tidak digongseng
  • Termometer laser (opsional)
  • Loyang
  • Wadah kedap udara
1. Pengaturan dan Pra-panas
Kunjungi toko persediaan kopi lokal favorit Anda dan pilih beberapa biji kopi hijau yang tidak dipanggang. Jangan aib meminta rekomendasi perihal seberapa gelap Biji yang Anda pilih harus dipanggang. Karena itu, jangan aib untuk mencari tahu sendiri, bereksperimen, dan berguru cara memanggang sesuai selera Anda.

Dengan Biji yang diperoleh, bersihkan meja piknik dan atur burner, popper, dan loyang Anda. Pra-panaskan Whirley Pop hingga mencapai sekitar 400 derajat. Termometer laser yaitu cara terbaik untuk mengukur suhu, tetapi hanya pemanasan awal di mana saja antara 5 dan 10 menit harus menempatkan popper dalam kisaran yang tepat.

2. Tambahkan Biji Kopi
Setelah popper pada suhu, tambahkan Biji mentah dan mulai menangani engkol. Anda akan ingin menciptakan Biji itu terus bergerak sepanjang waktu supaya mereka dipanggang secara merata, jadi mulailah dari awal hingga selesai dengan ritme yang stabil dan merata. Ingat, ini yaitu pekerjaan cinta.

Saat Anda engkol, panas akan membawa Biji melewati tahap pemanggangan. Anda akan menyaksikan ketika mereka beralih dari biji mentah bahwa kopi mulai hidup hingga ke pelet yang indah dan harum dari kelezatannya. Perhatikan, alasannya yaitu perbedaan antara dipanggang tepat dan dihancurkan hanya dalam hitungan menit.

3. Panggang Biji Kopi
Saat Biji panggang, mereka akan melewati beberapa tahap. Anda akan sanggup melihat transisi yang mereka buat dari mentah ke menggiling-dan-dapat-diseduh, dan memutuskan dengan tepat bagaimana Anda ingin mereka menjadi menyerupai itu. Penting untuk memperhatikan proses di sini - untuk mengontrol rasa kopi Anda, mempelajari cara menguasai prosesnya, dan (yang paling penting) untuk menjaga supaya Biji tidak terbakar.

Ada sepuluh tahap dalam semuanya. Lihat apakah Anda sanggup mengidentifikasi masing-masing ketika dipanggang, kecuali yang kesepuluh. Tahap itu harus dihindari, alasannya yaitu itu mewakili Biji yang sudah dipanggang terlalu baik.

4. Lepas dan Dinginkan
Setelah Anda mencapai daging panggang pilihan Anda, buang Biji ke atas loyang. Kocok lembar dan biarkan Biji menjadi hambar di angin sepoi-sepoi alami, mengirimkan gelombang kebaikan yang menimbulkan kecemburuan ke halaman tetangga. Bergantung pada seberapa gelapnya daging panggang, Anda akan segera siap untuk penyimpanan.

5. Simpan Biji
Setelah Biji manis dan dingin, simpan Biji dalam wadah kedap udara yang berkualitas. Stoples Mason yaitu pilihan terbaik, alasannya yaitu mereka menciptakan segel yang hampir sempurna. Jika daging panggang Penuh Kota atau lebih gelap, kami sarankan menunjukkan waktu pendinginan 12 jam yang baik bagi Biji untuk memungkinkan gas menghilang sebelum disimpan.

Yang tersisa untuk dilakukan sesudah itu yaitu menggiling, menyeduh, dan menikmati pemanggangan hari itu. Dalam waktu kurang dari 20 menit dari awal hingga selesai, Anda akan menikmati kopi panggang yang fantastis.

Cara Memanggang Biji Kopi Dengan Popper Popcorn Udara Panas
Popper popcorn udara yaitu cara gampang untuk memanggang kopi dan direkomendasikan untuk pemula yang ingin memanggang Biji mereka sendiri.

Hanya perlu beberapa menit, dan memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan daging panggang. Jadikan terang, jadikanlah gelap; menciptakan semuanya di antara keduanya. Untuk mengubah kopi menjadi pengalaman langsung, Anda tidak bisa mengalahkan memanggang sendiri di mesin yang selama bertahun-tahun hanya melaksanakan setengah dari hal-hal luar biasa yang bisa dilakukannya.

Apa yang Anda Butuhkan:
  • Popper popcorn udara panas
  • Mangkuk
  • Biji kopi yang tidak digongseng
  • Termometer (opsional)
  • Loyang
  • Wadah kedap udara
1. Pengaturan dan Pra-Panas
Mulailah dengan mengumpulkan semua kebutuhan dalam daftar di atas. Kunjungi penjual Biji lokal pilihan Anda (mereka menyukainya ketika Anda menyebutnya begitu) untuk Biji hijau mentah yang mentah. Ambil beberapa varietas yang berbeda, dan tanyakan bagaimana "dilakukan dengan baik," menyerupai dalam gelap, barista terpercaya Anda suka memanggang masing-masing.

Di rumah, beri diri Anda banyak ruang untuk popper, mangkuk (untuk menangkap sekam), dan loyang untuk mendinginkan Biji nanti. Nyalakan popper dan pra-panas selama sekitar 30 detik.

2. Tambahkan Biji Kopi
Setelah popper enak dan panas, tambahkan 1/2 cangkir Biji ke dalam bejana. Panggang utuh hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit, tetapi Anda harus tetap akrab untuk memantau Biji melalui banyak sekali tahap panggang. JANGAN tinggalkan popper tanpa pengawasan.

3. Panggang Kopi
Saat Biji panggang, mereka akan melewati beberapa tahap. Anda akan sanggup melihat transisi yang mereka buat dari mentah ke menggiling-dan-dapat-diseduh, dan memutuskan dengan tepat bagaimana Anda ingin mereka menjadi menyerupai itu. Penting untuk memperhatikan proses di sini - untuk mengontrol rasa kopi Anda, mempelajari cara menguasai prosesnya, dan (yang paling penting) untuk menjaga supaya Biji tidak terbakar.

4. Lepas dan Dinginkan
Setelah Anda mencapai daging panggang yang diinginkan, matikan popper dan sebarkan Biji panas di atas loyang. Ini akan memungkinkan mereka menjadi hambar dengan cepat. Goyangkan lembaran untuk membantu prosesnya, dan tunggu hingga benar-benar hambar sebelum disimpan.

5. Simpan Biji
Setelah Biji mendingin, Anda ingin menyimpannya dalam wadah kedap udara. Kami lebih suka stoples kerikil atau wadah OXO berwarna. Namun, Anda ingin menunjukkan Biji hingga 12 jam sebelum menyimpannya kalau Anda telah menjadi Full City Roast atau lebih gelap, alasannya yaitu gas dari Biji akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dihilangkan.

Setelah Biji didinginkan dan disimpan, kini saatnya untuk menggiling dan menyeduh nilai cangkir pertama. Luangkan waktu Anda, dan nikmati hasil kerja Anda. Lihat karakteristik apa yang bisa Anda bujuk dari Biji pada tingkat panggang yang berbeda. Setelah Anda menguasai seni, Anda tidak akan pernah melihat mesin popcorn dengan cara yang sama lagi.

Tiga metode ini hanyalah beberapa cara Anda sanggup mencoba memanggang kopi di rumah. Untuk yang benar-benar suka bertualang, atau setidaknya untuk fanatik pemanggang, Anda selalu bisa mencoba memanggang Biji dalam wajan di atas panggangan, atau bahkan memanggangnya dalam roaster di atas api unggun juga. Kemungkinannya hampir tidak terbatas selama Anda mempunyai beberapa wadah manis dan sumber panas untuk proses pemanggangan.

Memanggang kopi di rumah bekerjsama yaitu proses yang relatif gampang dan memungkinkan Anda untuk menciptakan selera Anda sendiri yang unik dalam secangkir kopi pagi Anda. Saat Anda mencoba memanggang, jangan ragu untuk bereksperimen memakai metode yang berbeda dan mencoba memanggang Biji untuk jangka waktu yang berbeda sehingga Anda menemukan kopi panggang yang cocok dengan preferensi selera Anda dengan sempurna.

Kami filosofi ingin mendengarkan masukan harga dan pengalaman minum kopi dari anda, silahkan isi kolom komentar, jangan lupa share artikel ini supaya bermanfaat.
Powered by Blogger.