Breaking News

Ambon Punya Kopi Khas Yang Nikmat


Minuman kopi memang sangat dikenal dan disukai di Indonesia. Bahkan sanggup dibilang kopi menjadi salah satu identitas bangsa, apalagi kopi Indonesia banyak dikenal di dunia internasional. Keberagaman kopi yang dimiliki Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke membuatnya dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia.

Tiap tempat punya keunikan tersendiri dari segi cita rasa hingga cara penyajian kopi. Salah satu tempat yang mungkin belum banyak diketahui memiliki kopi yang unik dan nikmat yaitu Maluku. Kalau biasanya kopi hanya diracik dengan air dan gula, di beberapa tempat kopi diracik dengan bahan-bahan lain.

Seperti dilansir dari Good News From Indonesia (GNFI), di Maluku ada satu racikan kopi yang khas yaitu kopi Rarobang. Hal ini termasuk mengejutkan alasannya yaitu kopi yang sudah dikenal di mancanegara ini muncul dari Maluku yang tidak memiliki hasil perkebunan kopi. Meskipun daerahnya bukan penghasil kopi, tapi tradisi minum kopi sudah jadi bab dari kehidupan masyarakat Ambon.

Berbeda dengan kopi yang biasanya berasa pahit, Rarobang yaitu kopi yang dipadu dengan jahe dan adonan rempah-rempah khas Ambon. Bahannya terdiri dari kenari sangrai, taburan jahe, gula pasir, daun pandan, kayu anggun dan cengkeh lalu diberi taburan kacang kenari sangrai.  Rarobang sanggup dibentuk dengan memakai kopi jenis arabica yang tumbuh subur di wilayah Indonesia.

Seperti rasa khas kopi tradisional Arab, rasa paduan rempah-rempah dalam racikan kopi tersebut begitu terasa. Selain itu taburan kacang kenari yang sangrai menambah rasa pahit, gurih dan sedap pada kopi. Tak ada resep khusus untuk menciptakan kopi ini alasannya yaitu rempah gampang di dapat.

Cara mengolah kopi ini cukup sederhana, pertama-tama dengan menyiapkan air matang, kopi bubuk, jahe, cengkih, kayumanis, sereh, daun pandan dan gula pasir. Bahan-bahan menyerupai kopi bubuk, jahe, cengkih, kayumanis, daun pandan dan gula pasir dicampur dan dimasak dalam air mendidih.  Setelah itu angkat rebusan dan saring airnya.

Untuk langkah terakhir, taburkan kacang kenari yang sudah disangrai diatasnya. Boleh juga tambahkan susu kental anggun jikalau kau menyukai kopi dengan adonan susu. Kopi Rarobang ini akan menunjukkan aroma yang khas dan kuat. Makanan pendamping khas Ambon berupa pulut siram, yaitu ketan yang diberi parutan kelapa dan disiram dengan sirop gula aren akan menambah kenikmatan dikala minum kopi ini.

Menyeruput kopi Rarobang sanggup menenangkan dan terasa hangat di badan sehingga cocok untuk memulihkan kondisi badan yang lelah.  Khasiat kesehatan juga didapat dari adonan rempah-rempah. Nah, jikalau kau tiba ke Ambon atau ke tempat lainnya di Maluku jangan lupa mampir merasakan Kopi Rarobang untuk menikmati sensasi ngopi yang berbeda.




Powered by Blogger.