Breaking News

Sejarah Kopi Di Dunia Dan Proses Penyebarannya

Sejarah Kopi Di Dunia - Sebelum kita membahas kopi lebih jauh kita harus mengetahui sedikit Sejarah Kopi di dunia, ada beberapa negara yang mempunyai sejarah kopi. Indonesia pun masuk dalam sejarah kopi dunia, yang memang di kenal sepert kopi gayo aceh, kopi java ijen, kopi andung sari, kopi jambi, kopi lampung, kopi NTT. Namun disini kami bahas kopi sejarah kopi di luar negeri.

Sejarah kopi ihwal di mana dan siapa penemunya tentu tidak diketahui. Namun sejarah kopi sudah tercatat semenjak masa ke-9. Kopi pertama kali hanya di Ethopia, yang merupakan sejarah, biji kopi ditanam oleh orang-orang Ethopian di dataran tinggi. Pada ketika itu, banyak orang di Benua Afrika, terutama Ethiopia, mengkonsumsi biji kopi yang dicampur dengan lemak hewani dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh.

Sebuah legenda ihwal sejarah kopi, menceritakan kisah Kaldi, seorang gembala kambing yang tinggal di Ethopia sekitar 300 Masehi. Kaldi mengamati kawanan gembala yang tetap terjaga bahkan sesudah matahari terbenam sesudah makan sejenis beran-berian. Dia juga mencoba memakannya dan mencicipi pengaruh yang sama.

Dia memberi tahu para biarawan di dekatnya, yang semenjak itu mengambil kopi untuk pertemuan doa malam. Legenda sejarah kopi juga menceritakan bahwa para biksu menemukan bahwa biji kopi sanggup dipanggang dan adonan biji kopi panggang tidak hanya menghasilkan pengaruh yang sama, tetapi juga terasa jauh lebih baik. Biji kopi dan minuman yang dibentuk oleh mereka semenjak itu dianggap sebagai stimulan mewah.

Kebiasaan ini kemudian terus tumbuh dan menyebar ke banyak sekali negara di Afrika, tetapi metode penyajiannya masih memakai metode konvensional. Hanya beberapa ratus tahun kemudian biji kopi ini dibawa ke Laut Merah dan tiba di Saudi dengan metode presentasi yang lebih maju.

Negara-negara yang mempunyai sejarah kopi ialah :

ETIOPIA
Pabrik kopi, yang ditemukan di Ethiopia pada masa ke-11, mempunyai bunga putih yang berbau menyerupai melati dan buah merah dan menyerupai ceri. Saat itu, daun dari apa yang disebut "buah ajaib" direbus dalam air dan ramuan yang dihasilkan dianggap mempunyai khasiat obat. Sebagai ketenaran dari flora kopi menyebar ke tanah lain, pelayaran berabad-abad akan segera dimulai.

YAMAN
Kopi menyebar dengan cepat melalui Jazirah Arab. Pada pertengahan masa ke-14, penanaman kopi mencapai Yaman dan selama 300 tahun, itu diminum sesudah resep pertama kali dipakai di Ethiopia. Iklim dan tanah subur Yaman memperlihatkan kondisi ideal untuk menanami panen kopi yang kaya

ISTANBUL
Istanbul diperkenalkan pada kopi pada tahun 1555 pada masa pemerintahan Sultan Suleiman yang Agung oleh Özdemir Pasha, Gubernur Ottoman di Yaman, yang telah tumbuh menyukai minuman tersebut ketika ditempatkan di negara tersebut.

Di istana Ottoman metode gres untuk minum kopi ditemukan: biji disangrai di atas api, ditumbuk halus dan kemudian perlahan dimasak dengan air di atas debu api arang. Dengan metode pembuatan dan aroma barunya, kopi yang terkenal segera menyebar lebih jauh.

Kopi segera menjadi belahan penting dari masakan istana dan sangat terkenal di pengadilan. Posisi Chief Coffee Maker (kahvecibaşı) ditambahkan ke dalam daftar pejabat pengadilan. Tugas Chief Coffee Maker ialah untuk menyeduh kopi Sultan atau pemiliknya, dan dipilih sebab kesetiaan dan kemampuannya untuk menyimpan rahasia. Sejarah catatan sejarah Ottoman Kepala Pembuat Kopi Kepala yang naik melalui barisan untuk menjadi Wazir Agung ke Sultan.

Kopi segera menyebar dari istana ke rumah-rumah besar, dan dari rumah-rumah megah ke rumah-rumah masyarakat. Orang-orang Istanbul menjadi enam dengan minumannya. biji kopi hijau dibeli dan kemudian disangrai di rumah dengan panci. biji itu kemudian digiling di mortir dan diseduh dengan teko kopi yang dikenal sebagai "cezve".

Sebagian besar masyarakat umum diakuisisi oleh kopi melalui pendirian kedai kopi; kedai kopi pertama (bernama Kiva Han) dibuka di distrik Tahtakale dan yang lainnya cepat-cepat dipotong di seluruh kota. Kedai kopi dan budaya kopi segera menjadi belahan integral dari budaya sosial Istanbul; Orang-orang tiba ke sini sepanjang hari untuk membaca buku dan teks indah, bermain catur dan backgammon dan mendiskusikan puisi dan sastra.


VENICE
Orang-orang Eropa mendapat secangkir kopi pertama mereka pada tahun 1615 ketika pedagang Venesia yang berkenalan dengan minuman di Istanbul membawanya kembali ke Venesia. Awalnya, minuman itu dijual di jalan oleh penjual limun, namun pada tahun 1645 kedai kopi pertama dibuka di Italia. Kedai kopi segera muncul di seluruh negeri dan, menyerupai di banyak negara lain, mereka menjadi platform bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat, terutama seniman dan mahasiswa, untuk berkumpul dan mengobrol.

Turis yang menemukan kopi ketika menginap di Istanbul memuji rasa minuman tak tertandingi dalam surat yang mereka kirim ke Marseilles. Pada tahun 1644, biji kopi pertama, bersama dengan peralatan yang dipakai untuk menyiapkan dan menyajikan kopi, dibawa ke Marseilles oleh Monsieur de la Roque, duta besar Prancis.

MARSEILLES
Pada tahun 1660, pedagang marseilles yang telah ditampilkan untuk mengasihi minuman mereka mempunyai pertama yang terakhir di balik berubah untuk mengimpor kopi ke kota, mereka menyatakan maretilles growth appetite untuk kopi. Coffeehouse pertama terbuka di marseilles tahun 1671. Biasanya, kopi diperlukan untuk pedagang dan perjalanan, tapi mereka cinta terkenal dengan orang dari semua walks live.

PARIS
Paris diperkenalkan pada kopi tahun 1669 oleh Hoşsohbet Nüktedan Süleyman Ağa, yang dikirim oleh Sultan Mehmet IV sebagai duta besar ke istana Raja Louis XIV dari Perancis. Di antara barang duta Ottoman ada beberapa karung kopi, yang ia sampaikan ke Prancis sebagai "minuman ajaib".

Süleyman Ağa dengan cepat menjadi favorit masyarakat tinggi Paris. Aristokrasi Paris menganggapnya sebagai sebuah kehormatan besar untuk diundang untuk membuatkan secangkir kopi Turki bersama Süleyman Ağa, yang memberi tahu para tamu dengan kecerdasan dan percakapannya yang menyenangkan. Duta Besar tersebut menceritakan banyak dongeng ihwal kopi, yang membuatnya mendapat sobriquet dari Hoşsohbet, atau pembalap.

Kedai kopi pertama di Paris, Café de Procope, dibuka pada tahun 1686. Ini segera menjadi favorit para literati, kawasan yang sering dikunjungi oleh penyair, dramawan terkenal, bintang film dan pemusik. Banyak tokoh terkenal menyerupai Rousseau, Diderot dan Voltaire menjadi terpikat dengan kopi di Café de Procope. Mengikuti tren yang ditetapkan oleh Café de Procope, kedai kopi dibuka di hampir setiap jalan di kota.

VIENNA
1683 menandai berakhirnya Pengepungan Kedua Wina. Saat orang-orang Turki menarik diri, mereka meninggalkan persediaan embel-embel mereka. Barang-barang yang ditinggalkan meliputi sejumlah besar tenda, sapi, gandum dan sekitar 500 buah kopi. Orang-orang Wina tidak tahu apa isi isi karung misterius tersebut. Seorang kapten Wina mengklaim bahwa biji kopi itu ialah umpan unta dan menetapkan untuk membuang karung itu ke sungai Donau.

Berita ihwal kantong misterius tersebut hingga pada seorang laki-laki berjulukan Kolschitzky yang pernah tinggal di antara orang Turki selama bertahun-tahun dan telah menjadi mata-mata bagi orang-orang Austria selama pengepungan tersebut. Dia meminta sekarung kopi, yang beliau tahu betul, sebagai pembayaran untuk layanan spionase yang berhasil selama pengepungan.

Kolschitzky menyajikan secangkir kecil kopi Turki ke Wina, yang pertama dari pintu ke pintu, dan kemudian di sebuah tenda besar yang dibuka untuk umum. Segera, beliau telah mengajarkan orang Wina bagaimana mempersiapkan dan menikmati minumannya. Makara Wina berkenalan dengan kopi.

Kedai kopi Wina yang dibuka selama periode ini memberi teladan untuk kedai kopi di banyak negara lain

LONDON
Inggris pertama kali berkenalan dengan kopi pada tahun 1637 ketika seorang Turki memperkenalkan minuman tersebut ke Oxford. Dengan cepat menjadi terkenal di kalangan siswa dan guru yang mendirikan "Klub Kopi Oxford".

Kedai kopi pertama di Oxford dibuka pada tahun 1650 dan disebut "Malaikat".
Pada tahun 1652, seorang Yunani berjulukan Pasqua Rosée membuka kedai kopi pertama di London. Dengan memakai pengetahuannya yang luas ihwal bagaimana mempersiapkan dan menyeduh kopi Turki, beliau mengenalkan teman dan kliennya dengan selera yang tak tertandingi.

Pada tahun 1660, gudang kopi London telah menjadi belahan integral dari budaya sosialnya. Masyarakat umum membagikan kedai kopi "Penny Universities" sebab mereka dilindungi oleh penulis, seniman, penyair, pengacara, politisi dan filsuf. Kedai kopi di London memperlihatkan lebih dari sekadar sekedar minum kopi panas: satu sen biaya masuk memungkinkan mereka mendapat laba dari percakapan intelektual yang mengelilinginya.

BELANDA
Sejarah kopi di Belanda sangat berbeda dengan negara-negara lain, sebab bertahun-tahun Belanda lebih memperhatikan kopi sebagai komoditas perdagangan daripada sebagai minuman.

Kopi pertama kali hingga di negara tersebut melalui Yaman pada masa ke-17. Belanda mulai menanam kopi di koloninya. Pada tahun 1699, biji kopi ditanam di pulau Jawa, sehingga meletakkan dasar bagi perkebunan kopi di Indonesia. Pada tahun 1711, biji kopi Jawa pertama dijual di pasar terbuka di Amsterdam.

Kedai kopi pertama di Belanda dibuka pada tahun 1660an. Dengan gaya unik mereka yang menampilkan dekorasi yang kaya, suasana hangat dan taman yang rimbun, mereka bangun keluar dari kedai kopi di negara lain. Terletak terutama di distrik keuangan kota-kota Belanda, mereka dikenal sebagai kawasan para pedagang dan pemodal melaksanakan pertemuan bisnis.

Pada tahun 1680-an, Belanda mengenalkan kopi ke Skandinavia, wilayah yang ketika ini mempunyai konsumsi kopi per kapita tertinggi di dunia.

JERMAN
Kopi diperkenalkan ke Jerman pada tahun 1675. Kedai kopi pertama dibuka pada tahun 1679-1680 di Hamburg, Bremen dan Hanover.

Mula-mula kopi dianggap sebagai minuman kaum bangsawan. Kelas menengah dan bawah tidak diperkenalkan ke kopi hingga awal masa ke-18, dan gres usang kemudian disiapkan dan dikonsumsi di rumah.

Karena kedai kopi ialah domain pria, perempuan kelas menengah mendirikan "klub kopi" mereka sendiri.

AMERIKA
Itu bukan peregangan kebenaran untuk menyampaikan bahwa kopi memainkan tugas penting dalam pendirian negara ini. Dari pengantar ke budaya Eropa, kopi telah dianggap identik dengan wacana intelektual. Karena kekerabatan antara kopi dan politik, mungkin inilah minuman paling penting bagi sejarah Amerika.

Di Tanah Amerika
Pemikir besar masa ke-18 akan berkumpul di kedai kopi / kedai kopi kolonial, menyerupai Green Dragon di Boston, untuk membahas isu-isu penting ketika itu. Pada 1765, kerumunan berkumpul aben patung Andrew Oliver, Pohon Liberty. Oliver melaksanakan pekerjaan yang tidak terkenal dari Raja George III dengan menjual perangko, suatu bentuk perpajakan.

Kelompok itu kesannya bubar, tetapi mereka berkumpul keesokan harinya di Green Dragon untuk membahas kejadian politik hari sebelumnya. Dengan melaksanakan itu, mereka membentuk kelompok yang mereka beri nama Sons of Liberty. The Green Dragon Inn, Tavern dan Coffee House ialah kawasan pertemuan rutin mereka.

Kopi sebagai Patriotisme
Ketika Inggris berusaha untuk menghukum koloni dengan perpajakan yang tidak adil pada teh, kopi menjadi tidak hanya minuman yang disukai, tetapi juga patriotik. Perusahaan East India tidak sanggup membayangkan para kolonis melaksanakan tanpa teh, jadi mereka mengirim penuh muatan teh dalam bagan pemasaran yang akan membayar pajak kepada Raja, tetapi memotong pedagang perantara. Skema ini menciptakan murka para kolonis. Sebuah kelompok yang sangat bersemangat di Boston melaksanakan program yang dikenal sebagai Boston Tea Party. Mereka membuang teh ke luar dan bersumpah menentang minum teh, demi kopi.

Dengan munculnya Perang Revolusi, kedai kopi segera menjadi kawasan pertemuan yang disukai dari Kongres Kontinental yang gres terbentuk. Rumah kopi paling terkenal ketika itu ialah Merchant's Coffee House di Philadelphia, juga dikenal sebagai City Tavern. Itu ada di sana di mana Deklarasi Kemerdekaan pertama kali dibacakan kepada publik.

Seseorang sanggup menyampaikan bahwa Amerika mulai mendefinisikan dirinya sendiri sebab hubungannya dengan kopi dan bukan teh. Jadi, bangun untuk sesuatu yang Anda yakini, minum kopi dan banggakan nenek moyang kita.

References Sejarah kopi di amerika
1 Refer to History of Food by Toussant-Soamat translated by Anthea Bell, page 585.
2 Green Dragon Tavern – Wikipedia page

Demikianlah Sejarah Kopi di dunia, sangat menarik sekali sejarah kopi di dunia. Masih banyak lagi artikel sejarah kopi di dunia di banyak sekali negara.
Powered by Blogger.