Breaking News

Penyebab Kerusakan Biji Kopi

filosofikopi.com - Penyebab Biji Kopi Rusak - Setiap melaksanakan apa saja niscaya ada resikonya, apalagi yang bekerjasama dengan mahluk hidup. Seperti pada kerusakan pada biji kopi, kita harus mengetahui peneyebab kerusakan biji kopi semoga kita tahu solusi biji kopi rusak. 

Ada beberapa refrensi yang telah menjelaskan tips terhindar biji kopi rusak namun pastinya para petani kebingungan tips yang mana yang harus di jalani. Pada dasarnya semua tips kerusakan biji kopi atau tips panen raya kopi sama saja hanya saja waktu dan tempat yang membedakan.

Setiap kawasan tidak sama cara penganannya dalam mengatasi penyakit, namun apa salahnya kita mencobanya. Jika anda petani kopi harus anda benar-benar dipahami penyebab kerusakan biji kopi dan solusi mengatasi biji kopi rusak.

Banyak keluhan dari petani kopi alasannya ialah ada sebagian petani belum mengetahui penyebab kerusakan Biji Kopi terutama bagi pemula. Inilah penyebab kerusakan Biji Kopi :

Penyebab Kerusakan Biji Kopi  :
  1. Biji keriput : asal buah masih muda
  2. Biji berlubang :kopi terjangkit bubuk
  3. Biji kemerahan : Kurang higienis mencucinya
  4. Biji pecah : mesin pengupas kurang sempurna, berasal dari buah yang terjangkit bubuk, pada dikala pengupasan dengan mesin kopi terlalu kering
  5. Biji pecah diikuti oleh perubahan warna: mesin penguap dan pemisah kulit dengan biji kurang sempurna, fermentasi pada pengolahan berair kurang sempurna
  6. Biji belang : pengeringan tidak sempurna, terlalu usang disimpan , suhu penyimpanan terlalu lembab
  7. Biji Pucat : terlalu usang disimpan di tempat lembab
  8. Biji berkulit ari : Pengeringan tidak tepat atau terlalu lama, pada pengeringan buatan suhu awal terlalu rendah
  9. Biji berwarna kelabu hitam : pada pengeringan buatan suhunya terlalu tinggi
  10. Noda-noda cokelat hitam : pada pengeringan buatan, kopi tidak sering diaduk/dibolak-balik



Dengan mengetahui penyebab kerusakan biji pastinya kita akan lebih berhati-hati menyimpannya, jikalau tidak, maka kita akan sia-sia merawat tanaman kopi semenjak bibit sampai panen raya.

Jika anda ingin memberi masukan, silahkan kunjungi FANSPAGE kami, jangan lupa like dan share Penyebab Kerusakan Biji Kopi.
Powered by Blogger.