Breaking News

Perkebunan Kopi Mengundang Banyak Spesies Burung

filosofi kopi - Saya menghabiskan masa kuliah Saya di Seattle, kota penyembahan kopi. Tetapi sebagai spesialis burung, Saya khawatir perihal konflik antara kopi yang Saya minum dan burung-burung yang Saya pelajari dan kerjakan. Kopi mana yang lebih baik untuk burung: keteduhan tumbuh atau matahari tumbuh? Aku bertanya-tanya. Pada awalnya, jawabannya tampak jelas: alasannya ialah hutan hujan yang masih orisinil sedang dirubuhkan untuk membuka jalan bagi monokultur kopi yang tumbuh dari matahari, tidak sulit untuk membayangkan bahwa jejaring binatang dan tumbuhan yang luas dan rumit yang bergantung pada hutan keanekaragaman hayati ini juga musnah. Kaprikornus Saya menyukai kopi naungan yang tumbuh.

Arabika versus robusta
Kopi ialah salah satu tumbuhan yang paling berharga dan banyak dibudidayakan di seluruh wilayah tropis di dunia. Meskipun ada lebih dari 123 spesies kopi yang diketahui, dan lebih banyak lagi dideskripsikan setiap tahun, Coffea arabica ("arabica") menyumbang 60 persen dari tumbuhan kopi komersial dunia, sementara Coffea canephora ("robusta") menyumbang sekitar 40 persen. Kopi yang ditanam secara komersial ialah naungan yang ditumbuhkan di mana semak-semak kopi diselingi di seluruh hutan orisinil - metode pertanian berintensitas rendah yang umum untuk produksi arabika - atau ditanam dalam monokultur matahari penuh - khas untuk produksi robusta.

Selama 20 tahun terakhir, produksi kopi naungan tumbuhan tiba-tiba menurun, terutama alasannya ialah meningkatnya produksi robusta, terutama di Asia tropis. Perubahan iklim juga mendorong pergeseran ini dari arabika ke robusta. Meskipun produksi menurun di daerah-daerah penghasil kopi tradisional di Amerika tropis (Neotropik) dan Afrika (Afrotropik), ajakan global untuk kopi masih terus meningkat. Tapi sekarang, India ialah tempat tindakannya: India ketika ini ialah produsen kopi terbesar keenam di dunia dan total luas kopinya telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir.

Dari tahun 1950 sampai 2015, area yang ditanami kopi robusta meningkat sebesar 840% sementara arabika meningkat sebesar 327% di India. Karena robusta ditanam di bawah sinar matahari, ini memerlukan perubahan yang signifikan terhadap bentang alam: pengangkatan pohon-pohon besar dan pemindahan cabang atas pada pohon lain untuk membuka kanopi - praktik yang sebelumnya telah diidentifikasi sebagai merugikan lingkungan dan burung-burung. dan satwa liar lainnya yang hidup di area ini.

Sebagian besar perluasan pertanian India telah terjadi di Ghats Barat - pegunungan kuno yang membentang di sepanjang pantai barat semenanjung India. Ghats Barat ialah wilayah yang unik secara biogeografis, dan diakui sebagai hotspot keanekaragaman hayati global alasannya ialah sangat kaya spesies dan alasannya ialah mempunyai jumlah spesies yang luar biasa di sana yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Meskipun demikian, hanya seperempat dari hutan belantara ini yang secara resmi dilindungi dari eksploitasi manusia.


Bagaimana perluasan dramatis produksi kopi ini, terutama sun grown robusta, yang mensugesti burung-burung yang hidup di Ghats Barat?

Burung dan beans
Sebuah tim peneliti dari Wildlife Conservation Society, Universitas Princeton, dan Universitas Wisconsin-Madison mengusut spesialis habitat unggas yang tinggal di pertanian arabika dan robusta di Ghats Barat untuk mencar ilmu mana kopi yang paling "ramah burung". Mereka juga meneliti imbas pada burung mengubah pertanian dari arabika ke produksi robusta.

Menggunakan survei rumah tangga dari 61 perkebunan kopi arabika dan kopi robusta di distrik Chikkamagaluru, Hassan dan Kodagu, para peneliti menemukan bahwa persentase petani menanam kopi meningkat secara keseluruhan, dan bahwa areal rata-rata yang ditanam dengan robusta meningkat secara signifikan selama dekade terakhir. Mereka juga menemukan bahwa baik arabika dan robusta ditanam di hutan hujan lebat di bawah cukup tertutup - "teduh" - kanopi (rata-rata skor kerapatan kanopi 94,6% untuk arabika dan 79,2% untuk robusta.)

Secara keseluruhan, para peneliti menghitung 79 spesies burung hutan hujan yang hidup di perkebunan kopi, termasuk tiga spesies IUCN Red-Listed (Endangered): parkit Alexandrine, Psittacula eupatria; merpati kayu Nilgiri, Columba elphinstonii; dan bulbul berkepala abu-abu, Pycnonotus priocephalus.

Ketika burung-burung itu disensor, para peneliti menemukan bahwa komunitas burung di pertanian arabika lebih kaya spesies, dan termasuk keragaman burung pemakan buah, pemakan serangga, dan omnivora, dan mereka mempunyai hampir dua kali lebih banyak spesies burung endemik bila dibandingkan dengan peternakan robusta.

Tetapi kumpulan burung robusta lebih bermacam-macam daripada yang diharapkan, terutama ketika mempertimbangkan spesies sensitif ibarat frugivora. Tim juga mencar ilmu bahwa hanya 19% dari petani berpengaruh memakai pestisida dibandingkan dengan 75% dari arabicafarmers, yang memungkinkan keanekaragaman mangsa yang jauh lebih besar dan ketersediaan untuk burung pemakan serangga.

Dan tentu saja, di mana pun ada keragaman burung, Anda akan menemukan keragaman spesies lain juga, banyak yang lebih sulit dilihat, ibarat mamalia, amfibi, dan pepohonan. Hal ini memperlihatkan bahwa pertanian kopi di Ghats Barat mungkin tidak sangat berbahaya bagi burung, satwa liar atau bahkan, terhadap keanekaragaman hayati lokal.

“Hasil yang menggembirakan dari penelitian ini ialah bahwa produksi kopi di Ghats Barat, hotspot keanekaragaman hayati global, sanggup menjadi win-win untuk burung dan petani,” kata penulis utama, Charlotte Chang, yang merupakan spesialis ekologi “dengan kecenderungan teoritis” . Dr. Chang, yang menganalisis data untuk makalah ini sementara seorang mahasiswa pascasarjana di Princeton University, kini ialah rekan postdoctoral dengan Institut Nasional untuk Sintesis Matematika dan Biologi di Universitas Tennessee, Knoxville.

Dr. Chang dan kolaboratornya mencatat bahwa peternakan kopi mendukung kekayaan spesies yang lebih tinggi, kekayaan endemik, dan kepadatan burung yang lebih besar secara keseluruhan bila dibandingkan dengan tumbuhan penghasil uang utama lainnya yang diproduksi di Ghats Barat, ibarat "buah pinang" dari pohon areca, Areca catechu, dan karet, Hevea brasiliensis. Dengan demikian, meskipun produksi kopi semakin mengubah lanskap, ada kemungkinan bahwa peternakan kopi yang dikelola dengan hati-hati sanggup kurang merusak secara keseluruhan terhadap keanekaragaman hayati yang ada di Ghats Barat.

"Perkebunan kopi sudah memainkan tugas perhiasan untuk tempat lindung di negara ibarat India di mana kurang dari empat persen lahan secara resmi dilindungi," kata rekan penulis Krithi Karanth dalam siaran pers. “Oleh alasannya ialah itu, membangun kemitraan dengan pemilik lahan eksklusif dan perusahaan yang sebagian besar eksklusif akan memperlihatkan jalur kondusif yang sangat dibutuhkan dan habitat tambahan untuk burung dan spesies lainnya.”

Meskipun penelitian ini menemukan bahwa beberapa burung lebih baik di arabicafarms daripada di perkebunan robusta, Dr. Chang dan rekan-rekannya menemukan kedua jenis pertanian kopi umumnya bermanfaat bagi burung dan satwa liar lokal - yang penting alasannya ialah petani kopi di Ghats Barat telah menanam lebih banyak robusta yang lebih berpengaruh baru-baru ini.

Bagi Saya, Saya bahagia mengetahui bahwa pertanian kopi tidak merusak keanekaragaman hayati ibarat yang dipikirkan sebelumnya - yah, di daerah Ghats Barat. Meskipun begitu, Saya masih akan minum kopi arabika alasannya ialah Saya pikir kopi robusta lebih terasa ibarat ban karet yang terbakar. Karena pertanian kopi sedang meledak di India, mungkin para petani di sana akan membuatkan strain robusta gres yang kurang ... kuat?

Source:
Charlotte H. Chang, Krithi K. Karanth, and Paul Robbins (2018). Birds and beans: Comparing avian richness and endemism in arabica and robustaagroforests in India’s Western Ghats, Scientific Reports, 8(4):3143 | doi:10.1038/s41598–018–21401–1

Thanks to :
medium .com /@GrrlScientist/arabica-versus-robusta-which-coffee-is-better-for-birds-grrlscientist-48f3422249a1

Jika anda ingin memberi masukan, silahkan kunjungi FANSPAGE kami, jangan lupa like dan share.
Powered by Blogger.